PENERAPAN STRATEGI TWENTY QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 153 PEKANBARU

Authors

  • rahma yuni Author

Keywords:

Penerapan, Twentu Questions , Hasil Belajar Siswa

Abstract

Hasil akhir proses pembelajaran adalah diperolehnya nilai hasil belajar yang tuntas bagi seluruh siswa. Faktanya pada mata pelajaran IPAS di Kelas V SDN 153 Pekanbaru terdapat ada yang tidak tuntas, maka diperlukan sebuah usaha dengan menerapkan startegi yang tepat. Strategi yang diterapkan Dalam menindak kelas ini adalah twenty questions dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti dalam menerapkan strategi twenty questions telah berhasil terlaksana dengan tingkat kemajuan data yakni pada siklus 1 mencapai 73,43%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,37%. Ini menunjukkan bahwa kualitas mengajar guru penindak sudah tergolong baik sekali atau berkualitas tinggi. Hasil setelah dilakukan dua tindakan kelas oleh peneliti disimpulkan bahwa strategi twenty questions ynag telah diterapkan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. pada kualitas pencapaian hasil belajar siswa sudah banyak mengalami peningkatan, Dari nilai rata-rata 79,64 pada Pra Siklus, menjadi 84,04 pada siklus 1, dan naik kembali mejadi 88,32% pada siklus 2. Kemudian Dilihat dari ketuntasan belajar, pada pra siklus terdapat 4 siswa yang belum tuntas, dan dapat diatasi menjadi tuntas seluruhnya pada siklus 1, dan dapat dipertahankan pada siklus 2 juga tuntas seluruhnya. Ini menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan, dan membuktikan bahwa strategi twenty questions sangat layak untuk menjadi pilihan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

26-08-2025

How to Cite

PENERAPAN STRATEGI TWENTY QUESTIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR NEGERI 153 PEKANBARU. (2025). SISFORTEK : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi, 1(2), 12-19. https://ojs.stmikin.ac.id/index.php/sisfortek/article/view/16